Selasa, 08 Februari 2011

Kutai Pesisir Ingatkan Janji Gubernur

Desak Segera Dipisahkan dari Kukar, Minta Kerendahan Hati Rita Widyasari

TENGGARONG - Warga di kawasan pesisir Kukar tak putus asa menuntut pemekaran dari Kukar. Warga secara terbuka meminta bantuan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak untuk memperjuangkan pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir. “Beliau (gubernur, Red.) dulu kepada kami berjanji akan memperjuangkan Kabupaten Kutai Pesisir. Kami menunggu bukti dari janji itu,” kata seorang warga dalam pesan singkat dari ponselnya ke Redaksi Kaltim Post.

Kutai Pesisir yang akan terdiri dari 5 kecamatan yaitu Muara Jawa, Samboja, Sangasanga, Anggana dan Loa Janan adalah penghasil minyak dan gas (migas) yang berkontribusi besar bagi APBD Kukar. Namun warga mengeluhkan minimnya  dana APBD ditambah dengan buruknya infrastruktur di wilayah mereka.
Bahkan, warga Muara Jawa sempat melakukan pemblokiran jalan A Yani sebagai luapan kekecewaan terhadap Pemkab Kukar.

“Kami menunggu janji-janji para pemimpin kami yang sudah terpilih. Kami hanya ingin sejahtera,” kata  Lukwan, tokoh masyarakat Muara Jawa. Sebelumnya, berdasarkan hasil konsultasi DPRD Kukar ke Kementerian Dalam Negeri beberpa waktu lalu, pembentukan Kutai Pesisir dinyatakan layak. Karena syarat administratif sudah memenuhi. Yakni terdiri dari 5 kecamatan, punya potensi pembangunan infrastruktur dan potensi pendapatan daerah.

Anggota Komisi II DPR RI Aus Hidayat Nur pernah mengatakan, draf pembentukan Kutai Pesisir sudah masuk ke DPR  dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Kutai Pesisir dinilai yang akan tercepat terealisasi di antara usulan pemekaran lainnya. Alasannya, selain karena wilayah ini yang paling dulu menyuarakan pemekaran, pemerintah pusat menilai Kukar sebagai kabupaten induk menyimpan banyak masalah.

Tak hanya disetujui DPR, khususnya Komisi II yang membidangi pemekaran, Kutai Pesisir juga telah mengantongi Amanat Presiden (Ampres) terkait persiapan pembentukannya.
Sementara itu Ketua Forum Masyarakat Bersatu Pro Pemekaran Kutai Pesisir  Andi Azis meminta kerendahan hati Bupati Kukar Rita Widyasari segera menandatangi SK (Surat Keputusan) pembentukan Kutai Pesisir. “Tak muluk-muluk. Kami hanya minta Kutai Pesisir segera dimerdekakan,” tegasnya. (fid)

Sumber : http://www.kaltimpost.co.id/index.php?mib=berita.detail&id=89219

0 komentar:

Posting Komentar